Rabu, 13 April 2016

✿ Keheningan Danau Ranu Agung di Probolinggo, Jawa Timur.


















[Seputar Danau di Indonesia]
Keheningan Danau Ranu Agung di Probolinggo, Jawa Timur.

Ranu Agung adalah sebuah danau vulkanik  yang terbentuk dari Gunung Lemongan yang masih aktif. Lokasi ‘Danau Ranu Agung’ sendiri yaitu di desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Sekitar 40 KM dari pusat kota, dengan ketinggian 525 mdpl. 

Danau ini mempunyai pemandangan alam yang sangat indah, dengan adanya tebing yang tinggi pada salah satu sisinya. Rute Danau Ranu Agung Probolinggo sangat menarik, dan memanjakan mata kita yang terasa lelah karena sekeliling kita merupakan perbukitan dan dipenuhi oleh pohon-pohon yang hijau.

Udara yang ada disini sangat segar dan dingin, begitupun dengan airnya masih sangat jernih. Selain itu disini kita juga dapat melihat Gunung Lemongan Probolinggo yang begitu indah dengan sangat dekat.

Dalam perjalanan untuk mencapai ‘Danau Ranu Agung’ di Probolinggo ini dari pertigaan Pajarakan kita jalan terus ke arah selatan sekitar 20 Km lagi kita berada di pertigaan di Desa Betek Kecamatan Krucil kemudian kita belok kanan  menuju Kecamatan Tiris. Untuk sampai tujuan, dari sini kita akan menempuh perjalanan sekitar 25 Km lagi.

Begitu sampai di Lokasi ‘Danau Ranu Agung’ Probolinggo kata pertama yang yang terucapkan adalah Subhanallah, sungguh indah Ciptaan MU ini. Disini kita dapat berkeliling danau dengan menggunakan getek, getek merupakan perahu yang terbuat dari bambu. Di sepanjang perjalanan menuju ‘Danau Ranu Agung’ ini kami disuguhi dengan pemandangan pohon durian yang sedang berbuah.

‘Danau Ranu Agung’ memiliki suasana yang masih sangat alami. Lokasi ini memang belum sepenuhnya dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata. Di sekeliling Danau Ranu Agung masih terdiri dari hutan dan ladang. Tidak ada fasilitas penunjang pariwisata seperti warung makan, toilet, maupun mushola. Bila ingin bermain-main di ranu, Anda dapat memakai sampan yang terbuat dari bambu yang tersedia di pinggir danau. Anda pun dapat berenang di danau ini karena airnya yang cukup jernih dan tidak terlalu dingin menurut saya. Namun perlu berhati-hati, karena danau ini memiliki kedalaman yang beragam dan juga bebatuan di dasar danau yang bisa menggores kulit.


Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.


“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)



 
;