Kamis, 14 April 2016

✿ Rahasia Keindahan ‘Surga Dua Rasa’, Danau Labuan Cermin, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.


















[Seputar Danau di Indonesia]
Rahasia Keindahan ‘Surga Dua Rasa’, Danau Labuan Cermin, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

A. Selayang Pandang.

‘Surga Dua Rasa’ itu adalah Danau Labuan Cermin, sebuah danau ‘ajaib’ yang airnya mempunyai dua rasa : bagian atas tawar dan bagian bawahnya asin. Bukan itu saja, rahasia keindahaan ‘Danau Labuan Cermin’ juga terletak pada airnya yang biru dan super jernih seperti kaca.

B. Lokasi Dan Rute Menuju Danau Labuan Cermin.

Secara administratif danau Labuan Cermin berlokasi  di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.  Pengelolaan wisata ‘Danau Labuan Cermin’ ini di kelola oleh kelompok wisata bahari danau labuan cermin. Untuk menuju ke danau labuan cermin agak repot karena harus menggunakan perahu, tapi disitulah letak sensasinya.

Untuk menuju ke danau labuan cermin memang agak rumit. Perjalanan bisa di mulai dari kota Kabupaten Berau, lalu menuju ke Tanjung Redep. Dari Tanjung Redep kita melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Biduk Biduk, perjalanan dari  Berau menuju ke Kecamatan Biduk Biduk memakan waktu sekitar 6 jam.  Setelah sampai disana sudah banyak petunjuk arah untuk menuju danau labuan cermin.

Walaupun perjalanan dari Tanjung Redeb cukup panjang, dijamin tak akan membosankan. Pasalnya, di sepanjang jalur perjalanan tersebut kita akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah.

Untuk sampai di Danau Labuan Cermin, kamu harus menumpang perahu sampan menuju hulu dari dermaga kayu. Perjalannya sekitar 10-15 menit dari jembatan atau dermaga kayu tersebut. Perjalanan dengan sampan mengasyikkan, karena menembus semak bakau dan hutan. Hutan itu masih dihuni aneka binatang liar seperti monyet, bekantan, berang-berang dan beruang madu.

Ketika sampai di ‘Danau Labuan Cermin’, warna biru kehijauan dari air di sekitar dermaga kayu yang jernih seolah tak ada apa-apanya. Air di danau sangat biru dan jernih, hingga saking jernihnya, karang dan ranting kecil di dasarnya pun bisa terlihat dari atas perahu.

Di danau ini, kita bisa berenang dan menyelam, bermain dalam air jernih sepuas hati. Ikan-ikan yang hidup dan berenang di danau-pun sangat jelas terlihat. Namun, ada ikan-ikan yang hanya menghuni permukaan air, dan ada ikan-ikan yang hanya diam di dasar.

Rasa dari air yang berbeda itulah yang menyebabkan mereka terpisah. Karena air yang di atas terasa tawar, dan di bagian bawah terasa asin. Pemandangan dasar Danau Labuan Cermin yang airnya asin mirip dasar lautan dengan karang-karang terhampar di bawahnya.

Keindahan danau Labuan Cermin, berpadu dengan hutan di sekitarnya yang masih lebat. Kegiatan yang dapat mengganggu ekosistem di daerah danau tersebut memang tidak di perbolehkan.

Setelah puas menikmati pesona surga Labuan Cermin, jangan lupa mengeksplorasi keindahan alam Kecamatan Biduk Biduk lainnya. Untuk itu, disarankan untuk menginap beberapa hari.

C. Akomodasi.

Akomodasi yang direkomendasikan adalah penginapan ‘Selvia’ di Jalan Majabah Rt. 4 Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Homestay ini sangat bersih dan memadai, dan berdiri di tengah keindahan pantai berpasir putih halus, dengan pemandangan barisan nyiur di sepanjang garis pantai perawan. Harga per-kamar AC termasuk sarapan termasuk ekonomis, hanya 175.000 per malam rupiah untuk pemandangan seindah itu.

Untuk menikmati sunset dan sunrise keemasan di tepi pantai, kita hanya tinggal melangkah keluar dari penginapan. Mantap! Mau pasang hammock di antara pohon kelapa? Silakan saja. Mau minum kelapa muda yang dipetik langsung dari pohon? Bisa!
Oh ya, selama berlibur di Biduk Biduk, jangan lupa datangi Teluk Sulaiman, dengan lansekap yang terdiri atas perbukitan hijau, air terjun, sungai jernih berarus deras, hingga pulau dengan pemandangan terumbu karang cantik mempesona. Kapa. Selamat liburan!


Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.

“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)


 
;